Tuesday, May 31, 2011

Pengertian Torrent dan Cara Download File Torrent Menggunakan uTorrent


Sahabat blogger sudah mengetahui apa itu torrent? Pengertian Torrent Adalah Jaringan File Sharing Labels. Pengetahuan Torrent merupakan salah satu teknologi sharing file yang disebut dengan P2P (Peer to Peer), dimana user-user terkoneksi untuk mengirim dan menerima sebagian file, dengan tracker sebagai pengkoordinasinya. Tracker sama sekali tidak mempunyai file yang dicari, tidak mempunyai data tentang isi file, karena itu walaupun dengan bandwidth tracker terbatas pun, koordinasi dapat tetap jalan. Filosofi dasarnya adalah user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload. Dengan demikian, kita dalam saat yang sama bertindak sebagai server data. Torrent sendiri adalah file yang kecil, yang hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi *.torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dan sebagainya. Perlu diingat bahwa cara kerja torrent adalah berbagi. Jadi kita perlu tetap membuka koneksi agar orang lain juga dapat mendownload file yang baru saja kita download melalui komputer kita. Lama koneksi ini bisa kita set, misalnya 1 jam setelah itu koneksi akan terputus secara otomatis.

Berikut ini beberapa istilah dalam torrent :

1. Seed adalah pengguna, yang telah selesai mendownload file dari torrent dan melakukan sharing.
2. Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD (Upload/Download) ratio yang rendah. Sedangkan istilah Leecher ditujukan kepada mereka yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut mereka langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload).
5. Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user. Server tersebut menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang mendownload, upload/sharing sebuah file.
6. Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya). File torrent dapat di download di website yang menyediakan file torrent.

Nah tadi adalah pengertian dari torrent, jika sahabat blogger ingin download file, dan media file download yang di gunakan  adalah torrent (bukan alamat download tertentu), maka sahabat blogger dapat menggunakan software yang bernama uTorrent. Dengan software tersebut, sahabat blogger akan dapat dengan mudah download file melalui torrent. Perlu diketahui kalau download file torrent lebih mudah daripada download melalui alamat situs tertentu, karena jika download dari alamat situs dan saat download tiba-tiba koneksi internet kita terputus, kadang kita di haruskan download dari awal. memang ada aplikasi download manager yang mendukung fitur meneruskan download (resuming download) tetapi itu juga bergantung pada server yang menyimpan file yang akan kita download, jika server yang menyimpan file yang akan kita download tidak mendukung atau tidak memberikan layanan resuming download, maka walaupun kita menggunakan aplikasi download manager yang mendukung fitur resuming download, akan tetap tidak bisa meneruskan download jika koneksi kita tiba-tiba terputus. Disinilah kelebihan file torrent, kita dapat selalu meneruskan file yang sedang kita download, dan tanpa hambatan. Kecepatan download tergantung pada kecepatan koneksi internet yang sedang kita gunakan. Untuk download file torrent menggunakan uTorrent, berikut adalah langkah-langkahnya :

1) Sahabat blogger hanya perlu membuka software uTorrent, klik file dan pilih add torrent
2) Nanti akan ada jendela browse untuk menambah file torrent ke daftar download sahabat blogger
3) Saat sudah klik add torrent, masuk ke direktori tempat penyimpanan file torrent yang akan sahabat blogger download
4) Setelah itu secara otomatis file torrent akan terbuka dan akan menampilkan file-file yang terhubung pada file torrent tersebut
5) Pilih OK untuk memberikan konfirmasi setuju untuk download. Lalu klik nama file torrent yang ada pada daftar download, klik kanan, dan pilih FORCE START atau START
6) Proses pengambilan data akan memakan waktu, tergantung server download torrent sedang padat pengguna atau tidak. Setelah itu proses download akan berjalan



15 Comments:

thnk's,nice post... membuka wawasanku...

haduhhh gua gak mudeng ni ,,,??..??

elu nya bego makanya payah..

maav bagi yang g mudeng
..
brrti ilmu anda harus di mulai dari dsar.
..
jd jangan penah meremehkan yang membuat blok, tok anda yang g ngerti. lebih ngerti yang membagikan ilmu. drpd yang sekedar membaca.
.
bwt yang membuat blog ini
maju terus untuk ilmu kita.

mmmm maksih bos gan atas infonya ijin kopas yaa... nanti gua cantumin sumbernyo

brooo..aku download pake utorrent kok macet, padahal udah 99% . mau seeding, gimana caranya?? download aja belum selesai. ukuran file 360 mb.minta tolong kasih penjelasan bagi yang ngerti. trims..

ijin copas ya gan, nanti creditnya tak cantumin kok

Terima kasih infonya. Kalau mau download lagu lama atau mau tahu cara buka situs yang diblokir bisa berkunjung ke blogku.

Post a Comment

Please give your comments, comments may be criticism, feedback, or suggestions. Sorry if there are many flaws in the presentation of the post in this blog. This blog is just my own take care of it, so if at any time can't be updated, perhaps because there's no time or quota is exhausted . . .